• Senin, 28 November 2022

Benarkah G30S PKI Di Sebut Berhubungan Dengan Perebutan Kekuasaan? Simak Faktanya!

- Selasa, 27 September 2022 | 17:49 WIB
G30S PKI disebut juga dengan adanya perebutan kekuasaan atau kudeta terhadap kepemimpinan Presiden Soekarno (Pinterest/Mutiara)
G30S PKI disebut juga dengan adanya perebutan kekuasaan atau kudeta terhadap kepemimpinan Presiden Soekarno (Pinterest/Mutiara)

SALURAN MEDIA - Pembunuhan terhadap tokoh Nasional Indonesia pada tanggal 30 September 1965 sering dikenal dengan G30S PKI.

G30S PKI diperingati sebagai tanda pahlawan Nasional kepada para korban yang telah terbunuh oleh PKI (Partai Komunis Indonesia).

Kejadian ini sebenarnya bukan tanpa alasan, beberapa gejolak yang sudah mulai berkembang pada saat itu membuat banyak pandangannya tentang Negara secara berbeda.

PKI yang dikenal dengan paham ideologi yang terletak pada filosofi tanpa adanya Hak Asasi Manusia yang bersifat radikal dan doktriner.

Baca Juga: Menjelang G30S PKI, Begini Lirik Lagu Genjer-Genjer Yang Dicap Sebagai Lagu PKI

Hal ini pastinya bertentangan dengan Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia yang telah digagas oleh para proklamator bangsa Indonesia.

G30S PKI itulah dikenal sebagai bentuk pemberontakan terhadap kepemimpinan Ir. Soerkarno sebagai Presiden pertama di Indonesia.

Baca Juga: Berita Terbaru : Keluarga Korban Penembakan Di Kota Atambua Minta DPRD Belu Usut Tuntas Pelaku Penembakan

Namun, G30S PKI bisa juga diidentikkan sebagai kudeta atau perebutan kekuasaan dengan tujuan menjadikan Negara Indonesia sebagai Negara komunis.

Halaman:

Editor: Angela Yurmani Giawa

Sumber: AyoSemarang.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X